Mengenal Lebih Jauh Tentang Property Syariah

Mengenal Lebih Jauh Tentang Property Syariah

Apa yang anda kenal atau ketahui tentang property syariah ? Jika anda belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa hal tentang property syariah untuk anda.

Bagi anda yang ingin investasi, maka anda bisa memanfaatkan berbagai macam investasi mulai dari investasi berupa saham hingga properti. Jika anda mencoba investasi properti atau ingin membeli properti seperti rumah, maka banyak layanan yang  bisa anda gunakan untuk membeli properti. Salah satunya adalah layanan property syariah.

Jika anda ingin mengetahui beberapa hal penting tentang property berbasis syariah, berikut ini adalah beberapa penjelasannya.

Property Syariah

KPR syariah
KPR syariah

Berbagai macam properti bisa anda beli dengan berbagai macam layanan yang diberikan untuk anda. Jika anda memang ingin mencoba membeli properti dengan syariah, maka banyak layanan syariah yang menyediakan jasa untuk membeli properti anda.

Namun sebelum anda membeli beberapa hal yang berkaitan dengan property syariah, maka setidaknya anda harus mengenal lebih dalam lagi berkaitan dengan property berbasis syariah. Adapun beberapa hal yang bisa anda ketahui sehingga anda lebih percaya lagi tentang properti syariah.

Hal – hal yang Berkaitan dengan Property Syariah

  • Transaksi tanpa bunga bank

Transaksi yang diberikan pada property syariah adalah transaksi tanpa memberikan bunga bank. Hal ini menandakan jika anda bisa melakukan cicilan dari awal hingga berakhir tanpa diberikan bunga sama sekali.

Hal inilah yang menyebabkan transaksi yang dilakukan oleh layanan property berbasis syariah adalah layanan tanpa riba. Hal ini sesuai dengan syariat agama Islam yaitu melakukan sesuatu hal tanpa memberikan bunga. Karena bunga bank pada hakikatnya merupakan Riba yang dilarang Allah.

Jika anda tertarik untuk mempelajari hal ini lebih dalam, maka anda perlu mengetahui apa saja persyaratan yang diberikan oleh layanan ini. Adapun hal ini sudah diterapkan di berbagai bank yang menggunakan konsep syariah agama Islam sehingga anda bisa memilihnya dan mempelajari persyaratan yang diberikan. Jika anda sudah cocok dengan layanan tersebut, maka anda bisa membeli properti tersebut.

  • Transaksi Jual Beli

Adapun yang menjadi ciri khas dari layanan property syariah adalah menggunakan transaksi jual beli. Hal ini menandakan tidak akan ada pihak ketiga jika anda membeli atau melakukan kredit properti dari bank syariah. Hal ini cukup menguntungkan karena bersifat transparan dan bisa memberikan kepercayaan kepada kedua belah pihak.

Kemudian jika menggunakan sistem jual beli, maka tidak ada pula biaya administrasi sehingga hal ini menjadi keuntungan bagi para pembeli. Pada akhirnya, jika anda menggunakan layanan property berbasis syariah, maka anda akan menerima layanan atau sistem jual beli sehingga memudahkan anda dalam membeli rumah.

  • Tidak ada perubahan perjanjian

Kemudian, perlu anda ketahui pula jika anda melakukan transaksi dengan layanan property syariah, maka sejak awal sudah dilakukan perjanjian, maka penjanjian tersebut akan berlaku hingga akhir. Maksud dari hal ini adalah perjanjian juga tidak akan berubah di keadaan sesuatu ataupun hal – hal yang menjadikan perjanjian mungkin saja berubah.

Karena sistem yang dilakukan di layanan bank syariah adalah setiap akad yang telah ditentukan, maka sampai akhir akad tidak akan ada perubahan sama sekali. Oleh karena itu pastikan agar penjanjian yang dilakukan atau disepakati tidak ada yang menyebabkan andan kesulitan dan melancarkan anda dalam melakukan pembayaran berkala.

  • Tidak ada asuransi

Ad ciri – ciri lainnya yang perlu anda ketahui terkait layanan property syariah. Adapun yang menjadi ciri khas dari layanan ini adalah tidak memberikan asuransi. Hal ini tidak sesuai dengan syariat Islam karena asuransi merupakan suatu hal yang tidak jelas. Karena ketidakjelasan tersebut, maka tidak da asuransi saat anda membeli properti melalui bank syariah.

Ketidakjelasan ini disebabkan salah satu pihak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih sehingga bank syariah tidak memberikan asuransi. Sehingga setelah anda membeli rumah Syariah, maka tanggung jawab anda mengurusi properti yang anda beli sehingga jika ada kerusakan, maka anda memperbaikinya sendiri tanpa asuransi.

  • Tidak ada penyitaan

Selain itu, anda tidak perlu khawatir tentang masalah penyitaan. Adapun hal inilah yang membuat membeli rumah banyak dipilih melalui KPR Syariah. Pada dasarnya bank syariah tidak memberikan penyitaan properti yang sudah dibeli. Namun jika masih ada hutang yang harus dilunasi, maka para nasabah diwajibkan untuk membantu menjualnya.

Sehingga nanti hasil keuntungannya dibuat untuk membayar sisa hutang yang dimiliki. Hal ini juga ada dalam perjanjian akad sehingga anda sebaiknya mempersiapkan diri untuk masalah pembayaran kpr yang anda cicil dari layanan property syariah. Sebaiknya anda pikirkan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Perlukah menggunakan Layanan Properti Syariah?

Jika anda mengetahui ciri – ciri dari pemberian layanan property berbasis syariah, maka sebaiknya yang perlu anda lakukan adalah perlukah anda menggunakan layanan ini. Jika anda merasa perlu maka ada beberapa alasan mengapa anda harus menggunakan layanan ini untuk membeli properti.

Ada beberapa alasan yang bisa anda gunakan untuk memilih bank untuk menyicil KPR syariah anda. Jika anda merasa masih ragu – ragu, maka berikut ini adalah beberapa alasan yang bisa anda gunakan untuk memantapkan hati anda dalam menggunakan layanan yang satu ini.

  • Sesuai dengan Syariat Islam

Hal pertama yang membuat pertimbangan anda menjadi lebih matang adalah dengan adanya syariah Islam dalam transaksi hingga perjanjiannya, maka sangat jelas hal ini membuat anda lebih aman dan nyaman dalam melakukan transaksi. Hal ini dikarenakan anda juga mendapatkan sistem layaknya jual beli pada umumnya.

Oleh karena itu, paling tidak pembeli kpr syariah menjadi lebih tenang dan aman. Hal ini pula lah bisa menjadi keuntungan anda dengan hal – hal karena anda akan menikmati cicilan tanpa mendapat bunga sekalipun dalam cicilan tersebut. Selain itu tidak ada penyitaan barang yang telah dibeli sehingga anda juga tidak perlu khawatir. Namun tetap saja, hal ini tidak boleh anda remehkan sehingga anda tetap harus berusaha membayar dengan lancar.

  • Sudah banyak Tersedia

Sangat jelas jika layanan property berbasis syariah yang satu ini membuat anda bisa menemukannya dimana saja. Hal inilah yang menguntungkan karena layanan yang satu ini sudah banyak menyediakan pula berbagai macam paket. Sehingga anda bisa memilih dengan baik paket property syariah yang ingin anda beli.

Jika perbedaannya dengan bank konvensional adalah jangka waktunya lebih pendek dalam memberikan jangka waktu cicilan sehingga mau tak mau anda harus memikirkannya dengan baik dan sesuai dengan kemampuan anda. Namun karena adanya paket tersebut, maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk masalah kemampuan anda dalam membayar. Oleh karena itu anda bisa memilih layanan bank syariah.

Itulah berbagai macam hal yang berkaitan dengan  property syariah. Semoga informasi yang diberikan bisa membantu anda dalam membuat anda lebih memilih untuk membeli rumah.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *