Kiat Sukses dan Contoh Investasi Properti Paling Menguntungkan

Kiat Sukses dan Contoh Investasi Properti Paling Menguntungkan

Peminat investasi di properti begitu tinggi karena dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Selain memberikan keuntungan yang signifikan, investasi di bidang ini juga relatif lebih aman. Selain sewa, investor juga bisa mendapatkan penghasilan dari keuntungan harga beli dan harga jual. Apakah kamu juga tertarik ingin mencoba peruntungan dalam investasi properti? Berikut beberapa tips sukses dan contoh investasi properti yang dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Contoh Investasi Properti

Inilah 5 Contoh Investasi Properti Paling Diminati dan Menguntungkan

Kesadaran orang melakukan investasi properti sebenarnya pun cukup tinggi. Hanya saja, banyak orang masih agak bingung mengenai bisnis properti untuk memulai investasinya. Salah satu yang menjadi pertimbangan dalam memulai investasi properti adalah memilih jenis properti apa yang menghasilkan keuntungan maksimal, dengan potensi kerugian yang dapat diminimalkan.

Banyak jenis properti yang dapat Anda pertimbangkan jika memang ingin memulai bisnis properti. Dari sekian banyak jenis tersebut, berikut beberapa jenis investasi properti yang paling potensial mendatangkan keuntungan melimpah, antara lain :

1. Properti Komersial

Contoh investasi properti pertama yang banyak dicari orang adalah properti komersial untuk menjalankan usaha. Apa itu properti komersial? Jadi, properti komersial merupakan properti yang fungsinya untuk bisnis, seperti perkantoran, perniagaan, atau apapun yang dapat menghasilkan keuntungan.

Banyak sekali para pengusaha properti yang melakukan investasi utama pada gedung perkantoran. Hal ini dikarenakan properti kantor mampu menghasilkan profit yang paling besar dibandingkan jenis properti yang lainnya.

Selain itu lokasi yang strategi dan berada di pusat bisnis menjadi salah satu faktor pendorong mengapa jenis properti ini menjadi sangat menguntungkan. Permintaan terhadap ruangan kantor sebagian besar berasal dari perusahaan yang membutuhkan tempat di dalam ruangan untuk memenuhi berbagai fungsi seperti keuangan, administrasi, operasional, dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga bisa mencoba membangun, membeli ruko atau bangunan sebagai coworking space untuk kantor atau kafe. Agar investasi properti komersial kamu menghasilkan, kamu bisa menyewakan atau menjualnya. Jika dibandingkan menyewakan properti seperti kontrakan atau kos, keuntungan yang didapat dari properti komersial lebih tinggi.

Baca juga :

♦ Keunggulan dan Tips Investasi Kavling Produktif

♦ Investasi Rumah atau Tanah

♦ Kavling Raudhoh Madani Hills Bogor

 

2. Bisnis Kost Kostan

Jenis investasi properti satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Bisnis ini sudah eksis sejak lama di Indonesia dan masih tetap bertahan hingga saat ini. Artinya, bisnis ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan.

Berbeda dengan apartemen, tarif sewa kost kostan biasanya relatif lebih murah.  Penyewa kamar kos umumnya adalah para pelajar atau karyawan karena biayanya cenderung lebih murah dibandingkan apartemen.

Bisnis kost kostan dapat memberikan pemasukan yang lumayan tinggi setiap bulannya. Kamu hanya butuh melakukan pemeliharaan jika tertarik dengan bisnis ini.

Untuk bisa berhasil menjalankan usaha indekos, kamu sebaiknya memasang tarif sesuai dengan lokasi dan fasilitas penunjang. Jika ingin menambah penghasilan tambahan, kamu juga bisa membuka usaha lain untuk memenuhi kebutuhan penghuni kos seperti jasa laundry atau warung.

3. Apartemen

Hunian apartemen semakin banyak peminatnya terutama para milenial atau gen Z yang lebih menyukai gaya hidup instan. Selain itu, sulitnya mencari lahan khususnya di kota-kota besar membuat peminat hunian vertikal meningkat setiap tahun.

Meski kamu hanya mempunyai 1 atau 2 unit apartemen, penghasilan pasif yang bisa didapatkan dari menyewakannya cukup besar. Pasalnya, harga sewa apartemen jauh lebih mahal dibandingkan dengan indekos.

Hal tersebut tentunya bukan suatu yang mengejutkan karena apartemen memiliki beragam fasilitas pendukung lain yang membuat penghuninya merasa nyaman dan aman tinggal di sana.

Apartemen memang ditargetkan untuk yang memiliki penghasilan menengah ke atas hingga di atas rata-rata. Umumnya, harga sewa apartemen berkisar lebih dari Rp2 Juta per bulan. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dengan menjualnya kembali.

Harga apartemen umumnya naik hingga 10 persen setiap tahun bahkan bisa sampai 20% dari harga awal jika terletak di lokasi yang strategis. Kunci sukses dalam investasi properti adalah memperhatikan kenyamanan, keamanan, dan berbagai fasilitas yang dibutuhkan penghuninya.

4. Rumah Kontrakan

Selain bisnis kost kostan, rumah kontrakan juga jenis investasi properti yang tinggi peminatnya dan mudah mendatangkan keuntungan. Rumah adalah salah satu dari 3 kebutuhan pokok (Sandang, pangan, papan) manusia, sehingga jumlah peminatnya cukup banyak. Asalnya harganya cocok dan lokasinya strategis, bisnis rumah kontrakan juga cukup menjanjikan untuk ditekuni.

Bisnis Rumah Kontrakan

Sebagian orang yang belum memiliki hunian tetap memilih kontrakan sebagai tempat tinggal. Kontrakan biasanya lebih efektif untuk para penyewa yang jumlahnya besar seperti sebuah keluarga, para pekerja satu proyek, atau lainnya. Dibandingkan dengan indekos, kontrakan lebih efektif dan terjangkau bagi mereka.

Sama seperti rumah kost, pemilik kontrakan juga mengeluarkan biaya untuk perawatannya.

5. Tanah

Investasi properti tidak selalu berbentuk sebuah rumah atau bangunan. Tanah adalah contoh properti yang dapat memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Seperti yang kita ketahui bahwa harga tanah setiap tahun mengalami kenaikan.

Jika Anda mencari cara bisnis properti bagi pemula, menginvestasikan tanah sangat disarankan. Ini mengingat harga tanah yang terus meningkat pesat tiap tahun sebab ada keterbatasan lahan.

Tanah yang sukses Anda investasikan pun dapat dikelola guna mendatangkan pendapatan pasif, misalnya dengan menjadikan lahan tersebut sebagai tempat parkir. Ketika memutuskan menjual properti ini, harga jualnya pun bisa naik berlipat ganda hanya dalam beberapa tahun.

Selain keuntungan yang menggiurkan, menginvestasikan dana Anda ke dalam bentuk tanah memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  • Minim perawatan
  • Dapat dimaksimalkan dalam bentuk lain, seperti dijadikan kebun atau tempat parkir
  • Tak akan rusak dan hilang, dan
  • Harganya tiap tahun terus naik

Menarik bukan investasi properti tanah? Jika Anda tertarik untuk investasi tanah, mungkin kavling Desa Ekowisata Tahfidz bisa jadi pilihan menarik .

6. Vila

Publik mengenal investasi properti itu sekadar rumah, tanah, apartemen. Siapa sangka, vila pun simpan potensi besar sebagai bagian dari invesasi dalam bentuk properti.

Andai kamu memilih vila sebagai instrumen investasi, kamu bisa mulai menyewakan vila tersebut untuk medapat kebermanfaat yang relatif cepat. Tak hanya itu, vila juga bisa digunakan sebagai agunan atau jaminan.

Bahkan kabarnya, vila merupakan agunan ideal yang membuat bank tak akan segan meminjamkan dana segarnya.

Tips Sukses Investasi Properti

Investasi properti bisa dibilang perihal yang gampang-gampang susah. Namun, beberapa hal berikut ini bisa kamu perhatikan sebelum memulai investasi di properti:

1. Memilih lokasi yang strategis

Lokasi adalah salah satu hal yang harus ditentukan terlebih dahulu sebelum Anda hendak membeli rumah atau memulai bisnis properti. Orang-orang biasanya memutuskan untuk mulai membangun rumah karena lokasi strategis. Atas pertimbangan itulah lokasi menjadi faktor utama yang harus diperhatikan untuk memulai investasi properti.

Lokasi juga sangat mempengaruhi harga jual properti, lokasi strategis mudah dijangkau dan dekat dengan pusat keramaian menjadikan sebuah rumah memiliki harga jual yang tinggi. Selain harganya yang akan terus naik, banyak orang memilih lokasi startegis baik untuk tempat usaha atau tempat tinggal.

2. Menentukan pasar dan jenis

Disarankan untuk menentukan terlebih dahulu pasar dan jenis properti yang ingin kamu sasar. Hal ini supaya kamu bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi ke depannya.

3. Memeriksa kelengkapan dokumen

Saat kamu membeli properti, jangan lupa untuk memeriksa semua kelengkapan dokumen dengan teliti, seperti sertifikat atau akta tanah, IMB, dan lainnya. Hal ini harus diperhatikan saat melakukan investasi properti yaitu memastikan sertifikat tanah yang dikeluarkan oleh pengembang sah secara hukum. Sebagai investor pemula, Anda harus jeli dalam memilih unit perumahan sebagai investasi properti. Anda bisa menanyakan hal tersebut melalui notaris yang mengurus akta tanah.

Dari keenam contoh investasi properti , manakah yang paling membuat Anda tertarik? Untuk tips tentang properti lainnya, Anda bisa kunjungi website perumahan syariah murah .

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *