4 Tips Jual Rumah di Situs Jual Beli Rumah Agar Tidak Kena Tipu Pembeli

Dulu kita sering mendengar kasus  penipuan pada pembeli rumah. Tapi kini hal serupa bisa menimpa penjual rumah bahkan pada situs jual beli rumah sekalipun.

Penipuan ternyata dapat terjadi dalam bidang apapun. Bahkan dalam bidang jual beli rumah sekalipun. Bisnis di bidang properti salah satunya rumah memang terbilang memiliki keuntungan yang sangat besar. Tapi untuk modal yang disediakan pun terbilang cukup besar. Hasil keuntungan yang diperoleh dari hasil menjual rumah akan sebandingan dengan modal yang telah dikeluarkan.

Tapi ternyata hal-hal tersebut membuat munculnya oknum-oknum jahat. bahkan penipuan bisa jadi malah menimpa orang yang akan menjual rumah sekalipun. Tidak hanya itu penipuan jual dan beli rumah bisa juga dilakukan pada situs jual beli rumah yang sudah terpercaya. Lalu bagaimana untuk meminimalisir penipuan tersebut? lebih jelasnya yuk kita simak bareng-bareng.

4 Tips Jual Rumah di Situs Jual Beli Rumah Agar Tidak Kena Tipu Pembeli

jual beli rumah
jual beli rumah

Berikut ini adalah tips-tips agar tidak terkena penipuan ketika menjual rumah:

  1. Lakukan tatap muka terlebih dahulu dengan calon pembeli

Meskipun anda menjual rumah di situs jual beli rumah tapi tatap muka dahulu dengan calon pembeli sangat diperlukan. Anda harus curiga terhadap orang yang mengaku sangat tertarik dengan rumah yang anda jual dan langsung menanyakan biaya tanda jadinya. Padalah belum pernah melihat langsung rumahnya. Ingat jangan pernah melakukan transaksi apapun bila anda belum pernah bertemu sama sekali dengan pembei!

  1. Double Check informasi mengenai calon pembeli

Apabila anda sudah bertemu dengan calon pembeli, anda jangan langsung percaya begitu saja. anda harus double check identitas diri calon pembeli tersebut. Jangan sampai tertipu oleh penampilan agar jual beli rumah terhindar dari penipuan.

  1. Jangan sekali-kali menyerahkan sertifikat jika pembayaran belum lunas

Kebanyakan korban asal mempercayai calon pembeli dan menyerahkan dokumen-dokumen asli. Padahal transaksi pembayarannya masih lunas. Ini sangat penting jangan pernah menyerahkan dokumen apapun apabila belum ada kejelasan transaksi jual beli rumah sampai pelunasan.

  1. Pastikan kantor notaris yang dipilih terdaftar di asosiasi profesi

Yang terakhir anda harus teliti dalam memilih kantor notaris. Jangan sampai semua jenis surat perjanjian dibuat oleh notaris palsu yang telah bersekongkol dengan calon pembeli yang berniat menipu di situs jual beli rumah.

Alangkah baik dan aman apabila notaris yang dipiih merupakan hasil kesepakatan dari penjual dan calon pembeli jangan hanya dari satu pihak saja. Supaya transaksi jual beli rumah tidak tertipu notaris palsu, anda harus mencek terlebih dahulu status dari kantor notaris yang dituju. Kantor notaris tersebut haruslah yang sudah terdaftar di asosiasi profesi yang bisa dicek di situs resmi Ikatan Notaris Indonesia.

Itu dia 4 tips jual rumah di situs jual beli rumah agar tidak kena tipu pembeli. Agar anda tidak menjadi salah satu korban penipuan. Pastikan terlebih dahulu anda sudah mengetahui keempat tips di atas sebelum jual rumah!