10 Cara Melunasi Hutang Riba Paling Efektif

10 Cara Melunasi Hutang Riba Paling Efektif

Semakin banyaknya kebutuhan dalam keluarga. Tak jarang membuat banyak orang harus berhutang. Dimana hutang riba terkadang dijadikan sebuah pilihan. Riba merupakan salah satu aktivitas pemberian uang yang menerapkan bunga tinggi kepada peminjamnya. Hal tersebut dilakukan supaya mampu mengumpulkan kekayaan. Lantas bagaimanakah cara melunasi hutang riba? Tentunya kita bakalan membahasnya di sini lebih meluas lagi.

Cara Melunasi Hutang Riba

Seperti yang disampaikan pada artikel contoh riba , tak bisa dipungkiri lagi jika praktik riba sampai saat ini masih banyak di temukan area sekitar kita. Padahal kegiatan riba ini seharusnya mampu kita jauhi. Dimana riba ternyata mampu membuat kehidupan kita merasa tidak tenang. Jika kita sebagai peminjam tidak membayar hutang tepat waktu atau menunggak tentu saja bunga pun semakin banyak.

Cara dan Tips terbaik melunasi hutang riba

Ketika kamu memiliki hutang riba tentunya pernah berpikiran bagaimana melunasinya. Tentu saja kini sudah tersedia berbagai macam cara melunasi hutang riba paling efektif dan juga halal. Pelunasan memang tidak akan terjadi tanpa kesungguhan hati. Inilah mengapa kamu harus benar-benar berniat mengakhiri hutang tersebut.

Jika memang kamu berencana melakukan pelunasan pada hutang riba. Alangkah baiknya menyimak berbagai macam cara berikut ini :

1. Bertaubatlah pada Allah

Melakukan peiunasan hutang riba yang telah menumpuk ada kalanya terkesan mustahil. Terlebih kebutuhan keseharian semakin banyak yang harus dipenuhi. Kali ini Anda bisa memulainya dengan bertaubat kepada Allah. Dimana kamu menyadari jika kegiatan riba tersebut memang salah bahkan mengaku tidak akan mengulanginya kembali.

Anda juga harus berjanji untuk tidak melakukan perbuatan yang sama untuk kedua kalinya. Sesungguhnya Allah Subhanahu wa taala Maha Pengampun atas segala dosa bagi setiap hamba yang ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh.

Allah Ta’ala memerintahkan untuk melakukan taubat yang tulus,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).” (QS. At Tahrim: 8)

Baca Juga Tips Bermanfaat lain  :

Keunggulan dan Tips Investasi Kavling Produktif

Investasi Rumah atau Tanah

Tips Membeli Rumah Indent

 

2. Segera melakukan pelunasan hutang

Orang yang sudah meminjam sejumlah uang memang berkewajiban untuk melakukan pelunasan. Salah satu cara terlepas dari hutang riba ini tentunya dengan segera melunasi hutangnya. Dengan begitu nantinya kamu sudah terbebas dari riba.

Tidak peduli seberapa besar hutang yang dimiliki, Anda harus tetap berusaha untuk melunasinya. InsyaAllah akan ada jalan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits berikut ini :

“Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkannya untuk melunasi hutang tersebut di dunia”. (HR. Ibnu Majah no. 2399 dan An Nasai no. 4686. )

3. Jual aset tanah, rumah atau kendaraan

Sebagian orang sebenarnya punya aset yang berharga dan itu bisa digunakan untuk melunasi utang riba ratusan juta. Namun karena saking hasratnya tetap harus memiliki harta jadi utang tersebut terus ditahan. Padahal jika tanah, rumah atau kendaraan sebagai aset yang ia miiki dijual, maka akan lunas semua utangnya. Ingatlah, orang yang serius untuk melunasi utangnya akan ditolong oleh Allah. Sebaliknya yang enggan lunasi padahal punya aset dan mampu melunasi, tentu akan jauh dari pertolongan Allah.

Cara Melunasi Hutang Riba

4. Lepaskan hasil yang ada kaitannya dengan riba

Melepaskan semua harta benda yang tadinya diperoleh dari hasil riba memang terbaik. Dimana jika kamu mempertahankan barang tersebut nantinya tidak akan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan. Yang ada nantinya kamu akan semakin terjerumus dalam praktik riba. Jadi alangkah baiknya kamu lepaskan saja hasil riba. Cara yang satu ini paling terbaik agar kita bisa hidup nyaman dan tenang.

5. Menerapkan hidup sederhana

Lilitan hutang riba ini kebanyakan dikarenakan menuruti gaya hidup. Inilah mengapa kamu perlu menerapkan hidup sederhana sesuai dengan kemampuan. Ingatlah jika kamu harus berhutang untuk membeli sesuatu. Ini artinya kamu masih belum mampu untuk membelinya.

Maka dari itu hiduplah sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan yang Anda miliki. Buat apa hidup mewah kalau hidup harus menanggung banyak hutang.

Allah SWT berfirman yang artinya :

“Dan jikalau Allah melapangkan rizki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Mahamengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha melihat.” (QS Asy-Syura 42:27)

Selain itu, Anda juga harus mulai mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan konsumtif. Anda bisa memulai dengan cara sederhana yaitu mencatat pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan setiap harinya dan mulai kurangi pengeluaran tersebut.

6. Meminjam uang pada orang lain untuk melunasi utang riba

Jika memang kamu terpaksa perlu berhutang, alangkah baiknya melakukan pinjaman yang sesuai menurut ajaran islam.

Dalam Liqa’ Al Bab Al Maftuh (194: 12), Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin berkata, “Setiap orang wajib berlepas diri dari riba tersebut sesuai dengan kemampuannya karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat pemakan riba (rentenir) dan orang yang menyerahkan riba (nasabah). Boleh jadi dia meminta pinjaman utang dari saudara atau kerabatnya untuk melunasi utang bank tersebut agar gugur darinya riba. Yang terpenting adalah dia harus tetap merencanakan hal ini. Jika tidak mungkin, maka dia berusaha meminta pada bank agar jangan ada lagi tambahan riba. Akan tetapi setahu kami, bank tidak mungkin menyetujui hal ini.”

Tentu saja pinjaman tersebut bisa diperoleh jika kita punya sifat amanat dan bisa mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

7. Bekerja Lebih Giat dan Mencari Tambahan Penghasilan

Jika Anda tidak memiliki aset yang bisa dijual untuk menutup hutang maka mau tidak mau harus bekerja lebih giat dengan memiliki penghasilan tambahan dari bisnis maupun kerja sampingan.

Anda bisa memilih pekerjaan sampingan seperti, menjadi guru les, guru tari, penulis, desain grafis atau bahkan menjadi ojek/taksi online. Jika punya sedikit modal bisa menjadi reseller/dropshipper untuk produk online.

Untuk menambah penghasilan bulanan, Anda tidak bisa hanya diam. Apapun perlu diupayakan meskipun hanya membuka bisnis kecil-kecilan di depan rumah.

Namun jangan lupa untuk niatkan juga bahwa penghasilan Anda ini yang kemudian akan digunakan untuk membayar hutang riba. Maka Insya Allah niatan serta kerja keras Anda akan dapat membuat lekas lepas dari jeratan hutang riba.

8. Jangan terlalu rakus terhadap dunia

Cara melunasi hutang riba bisa dilakukan dengan tidak terlalu rakus terhadap dunia. Dimana kehidupan dunia bergelimang harta tidak selalu membuat kamu hidup bahagia. Ingatlah kehidupan kamu di dunian ini sementara. Dimana nantinya masih ada kehidupan akhirat yang perlu dijalani. Apabila kamu merasa rakus maka pemberian Allah Subhanahu wa taala pun terasa masih kurang. Hingga akhirnya kamu harus berhutang sana-sini bahkan terjerumus dalam praktik riba. Jangan sampai hal seperti ini terjadi dalam kehidupan kamu.

9. Memperbanyak Sedekah

Memiliki hutang bukan berarti membatasi anda untuk bersedekah. Justru dengan sedekah dan membantu orang membutuhkan maka anda akan mendapatkan keberkahan. Yakinlah bahwa Allah akan memudahkan urusan orang yang suka memudahkan urusan orang lain. Termasuk juga dalam melunasi hutang riba. Tetapi tetap niatkan segala amal sholeh untuk akhirat.

10. Perbanyak Doa

Selain cara melunasi hutang di atas, Anda jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa agar anda terhindar dari lilitan hutang. Doa nya adalah sebagai berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom .

[Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan sulitnya utang] (HR. HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 589).

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik mengenai cara pelunasan hutang riba. Semoga saja beberapa cara yang mungkin tidak terpikirkan ini menjadi solusi yang terbaik. Apalagi kebanyakan manusia seringkali dibutakan oleh kehidupan dunia. Hingga akhirnya mereka lupa menengadah keatas bahhkan menyadari jika Allah sebagai penolong kita.

Semoga sedikit uraian di atas mampu memperluas pengetahuan kamu.
Apalagi riba ini tergolong tidak baik dan perlu kita hindarkan. Jangan sampai kamu terlilit hutang riba yang mampu membuat kehidupan kamu terasa tidak tenang. Untuk lebih memahami tentang Riba, silahkan baca artikel kami tentang Pengertian Riba .

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *