Beberapa Alasan yang Bikin Harga Rumah Jakarta Ga Masuk Akal

Beberapa Alasan yang Bikin Harga Rumah Jakarta Ga Masuk Akal

Harga rumah Jakarta apalagi di kawasan elite bisa bikin pusing kepala. Sebab harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

Harga rumah Jakarta memang tidak masuk akal. Harga disana bisa mencapai miliaran rupiah. Bahkan untuk rumah minimalis pun tidak kalah mahal. Rumah yang memiliki luas 100 meter dan terletak tidak terlalu pusat kota sekalipun bisa dibandrol Rp 8 miliar. Gila ga sih??

Melihat kondisi tersebut pastinya muncul pertanyaan “kenapa harga rumah di Jakarta mahal-mahal?” bahkan untuk harga rumah di Jakarta Timur lokasi gang sempit sekalipun bisa mencapai Rp 300 jutaan. Padahal dengan dana sekian anda bisa mendapatkan rumah cluster di kawasan Depok loh. Mau tau penyebab mahalnya harga rumah di Jakarta? Yuk kita simak ulasannya.

5 alasan harga rumah di Jakarta mahal

harga rumah di Jakarta Timur
harga rumah di Jakarta Timur

Berikut ini beberapa alasan yang membuat harga rumah di kawasan Jakarta dan sekitarnya mahal:

  1. Pusat pemerinthana dan ibu kota negara

Alasan yang paling utama harga rumah Jakarta mahal adalah pamor Jakarta yang merupakan ibu kota negara dan pusat pemerintahan. Di Jakarta banyak bangunan yang didirikan untuk keperluan pemerintah dari mulai kementerian sampai lembaga negara non kementrian. Dengan demikian akan berefek pada bangunan-bangunan di sekitarnya yang mengalami kenaikan harga.

  1. Pusat bisnis

Selain sebagai pusat pemerintahan Jakarta juga sebagai pust bisnis. Orang-orang berlalu lalang di Jakarta untuk bekerja. Maka apabila dapat harga rumah Jakarta akan memberi keuntungan. Sebab dapat mengurangi biaya transportasi.

  1. Biaya hidup yang tinggi

Memang sih gaji UMP (Upah Minimum Regional) di kota Jakarta bisa mencapai Rp 3,6 juta. Tapi untuk biaya hidupnya tinggi juga. misalnya biaya kos bisa berkisar sampai Rp 750 ribuan. Sangat sulit sekali mencari harga kos dibawah angka tersebut yang masih layak untuk dihuni. Harga kos-kosan saja mahal apalagi harga rumah di Jakarta Timur.

  1. Banyak pembangunan infrastruktur

Faktor yang menjadikan harga rumah Jakarta mahal lainnya yaitu banyak fasilitas umum yang tersedia. dengan adanya beragam pembangunan infrastruktur yang semakin gencar seperti MRT, LRT, commuter line, jalan raya yang mulus dan fasilitas lainnya. tak heran jika rumah yang berada di lokasi strategis seperti itu makin tinggi setiap tahunnya.

  1. Kota Metropolitan

Kota metropolitan merupakan sebutan untuk kota yang memiliki populasi banyak dibanding dengan daerah lainnya. jadi apabila jumlah penduduk di suatu daerah cukup besar maka permintaan tempat tinggal pun akan melambung. Otomatis dengan adanya peningkatan permintaan tersebut maka harga pun melonjak. Harga rumah Jakarta naik drastis dikarenakan semakin banyak orang yang merantau ke kota Jakarta.

  1. Prestise

Alasan ini tidak bisa ditampik karena prestise alias rasa bangga untuk tinggal di Jakarta tentunya membuat orang ingin tinggal di Jakarta.

Nah itu dia beberapa alasan yang bikin harga rumah Jakarta mahalnya ga masuk akal. Jadi bagaimana, masih mau tinggal di kota Jakarta?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *