Hunian Islami di Perumahan Syariah

Hunian Islami di Perumahan Syariah

Ingin hidup Anda berkah? Mulailah untuk membeli sesuatu barang tanpa mengandung unsur riba. Seperti halnya ketika membeli rumah, pilihlah Rumah KPR Syariah agar berkah.

Rumah merupakan aset primer yang harus dimiliki. Mempunyai fungsi sebagai tempat untuk berteduh dari panas dan dinginnya udara luar, serta berlindung dari gangguan orang yang tidak dikenal. Rumah sudah sepantasnya mendapatkan tempat pertama untuk dijadikan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebelum membeli, pastikan untuk memilih perumahan syariah sebagai hunian untuk keluarga Anda.

Informasi Seputar Hunian Syariah

Rumah murah
Rumah murah

Bagi masyarakat yang beragama muslim, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata syariah. Syariah yang berarti sesuai dengan aturan (agama), dalam rangkaian kata rumah berarti sebuah hunian yang lebih mengedepankan pada anjuran atau tata aturan di agama. Mendengar ada kata agama tentu hal tersebut merupakan sesuatu yang baik, jadi Anda tidak perlu khawatir dan merasa cemas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai rumah harga murah syariah, silakan Anda menyimak ulasan berikut ini.

Apa itu Rumah Syariah?

Animo masyarakat dewasa ini cukup tinggi jika berhubungan dengan properti syariah. Tak terkecuali juga berhubungan dengan rumah berbasis syariah. Hunian yang dirancang dengan konsep akad sesuai dengan anjuran agama menjadi pilihan masyarakat yang menginginkan hidup berkah. Tak bisa dipungkiri bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia tentu akan mendapatkan balasannya di akhirat kelak.

Itu semua memang mutlak hukum Tuhan, namun sebagai makhluknya Anda pun bisa mencegah yakni dengan menerapkan hidup berkah melalui pemilihan rumah KPR syariah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hunian syariah merupakan suatu konsep hunian yang mengedepankan nilai agama dalam proses jual-beli dan proses lainnya. Anjuran akad beserta tata caranya sendiri sudah tersampaikan dengan rinci dalam Al Quran. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keberkahan yang insyaallah akan menyertainya.

Haruskah Membeli Hunian di Perumahan Syariah?

Mungkin Anda masih bingung, sebenarnya apa perbedaan antara rumah syariah dengan konvensional. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu perbedaan keduanya yang mendasar terletak pada margin harga.

Dengan melihat perbedaan harga keduanya sebenarnya Anda bisa langsung saja menanyakan pada pihak developer, apakah konsepnya syariah atau konvensional. Jika sudah mengetahui jenisnya tersebut, Anda dapat mulai menanyakan hal lain dari rumah syariah tersebut misalnya saja tentang keunggulannya dibandingkan dengan jenis konvensional.

Sebagai gambaran, salah satu jenis keuntungan yang Anda dapatkan ketika memilih rumah berbasis syariah adalah harganya murah.

Rumah yang murah mungkin banyak ditemui, namun akan terasa berbeda karena adanya penggunaan aturan sesuai dengan anjuran agama. Diantaranya berkaitan dengan hal akad jual-beli, anti riba, tanpa adanya penyitaan, adanya perlindungan dari BI dan lain sebagainya. Melihat banyaknya keuntungan yang Anda dapatkan melalui pemilihan rumah berbasis syariah ini menjadikan pihak developer kini mulai menawarkan hunian dengan konsep serupa. Anda bisa mencari developer tersebut di berbagai daerah, biasanya mereka akan menawarkan pada daerah perkotaan atau kota-kota besar lainnya, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan lain sebagainya.

Apakah KPR Rumah Syariah itu Murah?

Setelah sedikit menyimak ulasan mengenai alasan Anda harus memilih hunian syariah. Terdapat penjelasan singkat yang membahas mengenai harga dari hunian syariah tersebut yang tergolong murah. Memang benar, rumah syariah memang tergolong hunian yang murah harganya dibandingkan dengan hunian yang berkonsep konvensional. Namun, jika muncul pertanyaan apakah semua rumah mengusung konsep syariah? Jawabannya belum tentu.

Rumah murah belum tentu berkonsep syariah, termasuk juga untuk perumahan. Bisa jadi harganya murah karena letak lokasi yang kurang strategis, bahan bangunan yang digunakan berkualitas rendah, serta faktor lama tidaknya masa pakai rumah tersebut. Namun akan berbeda cerita jika yang dimaksud adalah benar-benar rumah dengan konsep syariah.

Rumah jenis ini memang ditawarkan dengan harga yang murah, karena penggunaan akad jual belinya sesuai dengan anjuran di agama. Mengusung konsep anti riba, maka dalam prosedurnya tidak ada tambahan bunga seperti pada konvensional. Hal ini lah yang menjadikan rumah berbasis KPR syariah memiliki harga yang murah, karena tidak terdapat penambahan bunga di dalamnya.

Tips Membeli Rumah Murah Berlabel Halal

perumahan syariah

Harga menjadi patokan penting bagi seseorang ketika akan membeli sesuatu barang, tak terkecuali ketika akan membeli sebuah hunian. Disamping memperhatikan tata letak, konsep desain bangunan, serta hal teknis lainnya. Harga memang menduduki posisi terpenting ketika akan menentukan pilihan.

Meski demikian, Anda juga harus tetap memperhatikan akad jual belinya karena dalam melakukan pembelian properti memerlukan ketelitian ekstra tinggi untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat saja terjadi di kemudian hari. Alih-alih mendapatkan harga murah jangan sampai Anda malah tertipu denganlabel syariahnya saja.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih rumah KPR syariah murah yang dapat Anda perhatikan dengan baik.

  • Pilih Perbankan Syariah yang Tepat

Meski terdapat perbankan atau lembaga yang menyediakan jasa jual-beli properti. Namun, ada baiknya Anda tetap memperhatikan perbankan yang menyediakan transaksi jual beli properti secara syariah murni. Pilihlah tingkat kepercayaan masyarakat pada jenis perbankan tersebut, jangan sampai hanya karena harganya murah Anda langsung percaya dan memilihnya. Tetaplah memperhatikan unsur keberkahan dalam setiap prosesnya agar rumah syariah Anda dapat menjadi hunian yang paling tepat.

  • Teliti Berkas-Berkas yang Berhubungan dengan Area Bangunan

Ketika membeli, pastikan untuk meneliti dengan baik berkas-berkas dari aset Anda tersebut. Jika bangunan sudah jadi, jangan lupa untuk mengurus beberapa dokumen seperti Akta Jual Beli (AJB) yang dibuat didepan notaris PPAT, Sertifikat Hak Milik (SHM) dan dokumen lainnya. Jangan sampai dokumen tersebut diabaikan, karena akan berpengaruh pada legalitas aset yang Anda miliki. Bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti Anda mendapatkan gugatan karena tidak adanya bukti yang lengkap akan kepemilikan perumahan berbasis syariah tersebut.

  • Pastikan Prosedurnya Tanpa Riba

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal, jika Anda tetap menginginkan rumah syariah murah. Maka Anda harus benar-benar memahami dengan baik prosedur yang harus dijalani. Jadi, jika terdapat beberapa hal yang ternyata tidak sesuai dengan konsep syariah, Anda bisa mengajukan gugatan kepada developer. Ingat, salah satu konsep syariah adalah tidak ada riba yang dapat ditandai dengan tidak adanya bunga dalam prosedur pembayarannya.

  • Pilih Developer yang Kredibel

Lagi-lagi urusan pemilihan developer memang harus diperhatikan dengan baik. Maraknya developer abal-abal atau hanya mencari keuntungan dengan hanya menerapkan label syariah, tak jarang membuat para masyarakat risau.

Ketika Anda memiliki niatan untuk membeli rumah Anda harus benar-benar memilih developer yang mempunyai track record baik dan kredibel. Buatlah surat kontrak perjanjian dengan pihak developer sebagai tindakan preventif jika suatu waktu pihak developer melakukan wanprestasi atau tidak memenuhi tanggung jawabnya dengan baik.

Untuk memilih Developer syariah Anda bisa tulisan berikut Tips Memilih Developer Syariah .

  • Hindari Jual – Beli Bawah Tangan

Hindarilah jual beli ketika properti yang diperjualbelikan masih menjadi objek jaminan di perbankan. Meski jarang ditemui, namun ada baiknya Anda harus tetap berhati-hati agar terhindar dari hal tersebut. Caranya Anda dapat meminta pembuatan Akta Jual Beli dihadapan notaris PPAT dan meneruskannya ke pihak perbankan. Hal ini dimaksudkan agar jaminan tersebut dapat dialihkan ke peminjam tanpa melibatkan pembeli rumah tersebut.

Itu dia pembahasan mengenai rumah KPR syariah beserta tips ketika akan membeli rumah yang dapat Anda jadikan referensi. Perbanyaklah membaca sumber lain agar Anda dapat memahami konsep perumahan yang berbasis syariah.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *