Rekomendasi Kredit Rumah Tanpa Riba, Solusi Hunian Islami

Dewasa ini bisnis properti syariah banyak digandrungi oleh masyarakat, salah satunya terkait kavling murah. Berikut ini pembahasan mengenai rekomendasi Kredit Rumah Tanpa Riba untuk Anda.

Memiliki hunian yang sesuai dengan keinginan merupakan impian dari semua orang. Terlebih jika akad jual beli yang digunakan ketika membeli sesuai dengan prinsip syariah dan bebas dari unsur riba didalamnya. Hal tersebut tentu dapat Anda wujudkan jika pembelian perumahan tersebut menggunakan jasa kredit rumah syariah. Terdapat beragam jenis kpr yang tersedia, namun ada baiknya Anda tetap memperhatikan hal lain yang berhubungan dengan proses transaksi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Berikut ini akan dibahas mengenai rekomendasi kredit rumah syariah beserta referensi kpr termurah 2019 untuk Anda. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan KPR Syariah

promo kpr syariah 2019
promo kpr syariah 2019

Rumah merupakan aset yang harus dimiliki oleh seseorang. Terlepas dari status pembeliannya yang tunai atau kredit, rumah tetap menempati posisi kebutuhan yang harus terpenuhi. Memiliki fungsi sebagai pelindung dari segala bahaya maupun cuaca yang tak menentu, menjadikan bisnis dalam bidang tersebut banyak diminati. Kini mulai bermunculan tawaran untuk pembelian rumah atau perumahan dengan berbagai macam jenis salah satunya adalah perumahan syariah. Namun, ada baiknya sebelum Anda memutuskan untuk membeli kavling murah syariah. Anda bisa menyimak beberapa penjelasan lengkap terkait kpr yang akan dibahas berikut ini.

1.      Kelebihan KPR Syariah

KPR yang merupakan kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah merupakan suatu penawaran bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bisa mendapatkan hunian yang layak. Jenis hunian yang diperjualbelikan pun ternyata tidak hanya hunian baru saja, akan tetapi bekas pun tetap ditawarkan. Jenisnya sendiri ada dua macam, yakni syariah dan konvensional. Kali ini akan dibahas mengenai kredit rumah syariah yang tak pernah lepas memberikan promo kpr syariah 2019.

Kelebihan yang pertama yakni akad yang digunakan sesuai dengan prinsip syariah, menggunakan jenis akad murabahah. Dimana nantinya ketika Anda membeli sebuah hunian Anda tidak langsung membelinya ke developer. Akan tetapi akan ditengahi oleh pihak kpr untuk selanjutnya Anda membayar biaya kredit rumah tersebut ke pihak kpr syariah. Menerapkan akad tersebut, sudah pasti Anda akan mendapatkan kredit rumah tanpa riba.

Kedua, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lain layaknya pada kpr konvensional. Tidak ada penambahan biaya administrasi maupun asuransi, karena tidak melewati pihak ketiga atau perbankan. Besaran biaya untuk membayar cicilan tetap sama dan tidak ada penambahan bunga. Sehingga tidak akan ada yang namanya BI Checking, dan ini merupakan kelebihan ketiga. Selanjutnya, Anda tidak akan dikenakan denda apabila telat melakukan pembayaran angsuran. KPR Syariah tidak mengenal adanya value of money layaknya kpr konvensional, prinsip dari kpr jenis ini adalah asas kepemilikan. Ketika Anda membeli hunian melalui kredit rumah syariah, maka status rumah tersebut adalah milik Anda, maka tidak ada yang namanya denda yang ada hanya hutang. Hal ini juga berlaku bagi kustomer yang akan melunasi cicilan sekaligus di awal, maka tidak akan diberlakukan biaya penalty.

Kekurangan KPR Syariah

Menyimak beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kpr syariah, kredit rumah tanpa riba. Ternyata terdapat beberapa kekurangan dari jenis kpr tersebut. Kekurangan yang pertama yakni dikarenakan jumlah cicilan tiap bulannya sama, maka Anda tidak akan pernah merasakan pembayaran cicilan dengan besaran yang lebih kedil ketika suku bunga turun. Hal ini disebabkan karena kpr syariah dalam menentukan besaran cicilan tidak berprinsip pada fluktuasi suku bunga. Kedua, termin pembayaran yang ditawarkan oleh pihak kpr syariah tidak terlalu lama, yakni hanya 15 tahun. Berbeda dengan jenis kpr konvensional yang menawarkan termin pembayaran maksimal hingga 25 tahun.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memercayakan Pada KPR Syariah

Setelah Anda menyimak beberapa penjelasan mengenai kredit rumah syariah tersebut, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan KPR syariah. Untuk informasi selanjutnya Anda dapat menyimak mengenai beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan memercayakan pembelian rumah pada KPR syariah. Selengkapnya dapat Anda simak pada pembahasan berikut ini.

Perhatikan Track Record Developer

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah memperhatikan track record dari perusahan developer yang Anda percayakan untuk membangun kavling murah berbasis syariah. Pastikan bahwa pihak kpr memilih developer yang berpengalaman dan terpercaya. Jangan sampai Anda memilih developer yang lebih mementingkan harga namun ternyata kualitas yang ditawarkan jauh dibawah standar. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Untuk itu, pastikan Anda memilihnya dengan teliti.

Lakukan Verifikasi

Selanjutnya, Anda dapat rutin melakukan verifikasi pada pihak-pihak yang berkaitan dengan pembelian kavling murah syariah Anda. Mulailah untuk memeriksa kinerja dan dokumen pelengkap rumah. Jangan lupa untuk membuat dokumen perjanjian antar pihak, dimaksudkan jika suatu waktu terdapat wanprestasi dari salah satu pihak Anda dapat mengajukan gugatan karena sudah menyalahi perjanjian yang sudah dibuat. Apabila sudah jadi rumah tersebut, Anda dapat melakukan pembuatan Akta Jual Beli maupun Surat Hak Milik untuk bangunan dan tanah yang Anda beli dihadapan notaris PPAT. Pastikan untuk benar-benar memeriksa dokumen tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Siapkan Dokumen Pendukung

Sebelum Anda mengajukan pembelian, pastikan untuk menyiapkan beberapa dokumen dan berkas pendukung yang dibutuhkan sebagai syarat pengajuan. Jangan lupa untuk mengisi formulir aplikasi data dengan benar. Lengkapi pula data-data lain seperti jenis pekerjaan Anda, perkiraan kemampuan Anda membayar, serta jangka waktu atau termin pembayaran yang akan Anda pilih.

Langkah Pengajuan KPR Syariah

Untuk bisa mendapatkan kredit rumah tanpa riba, Anda bisa memilih jenis KPR syariah. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini sudah banyak pihak-pihak yang menyediakan jasa kpr ini, jadi Anda tidak usah khawatir dan bingung mencarinya. Namun, Anda perlu untuk memerhatikan beberapa syarat pengajuan yang dipersyaratkan oleh perusahaan, seperti dibawah ini.

Pilih Jenis Properti

Anda bisa mulai mencari promo kpr syariah 2019 melalui beragam jenis properti yang ditawarkan. Pilihlah jenis properti dengan kawasan kavling murah berbasis syariah jika Anda menginginkan hunian yang berkah.

Siapkan Syarat yang Dibutuhkan

Setelah Anda mendapatkan jenis properti, silakan Anda menyiapkan beberapa syarat pendukung untuk pengajuan kredit rumah tanpa riba. Diantara beberapa syarat tersebut, Anda harus memenuhi usia minimum yang diajukan oleh pihak kpr, jumlah kesanggupan biaya cicilan angsuran, termin pembayaran yang disepakati dan lain sebagainya.

Cari Informasi Lengkap Tentang KPR Syariah

Tak kalah penting dengan lainnya, Anda harus melakukan pengecekan kinerja dari kpr yang Anda pilih. Jangan sampai Anda memercayakan pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itu dia pembahasan mengenai kredit rumah tanpa riba beserta pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari pengembang kpr syariah. Meski terdapat jenis lainya yakni kpr konevnsional, bagi Anda yang menginginkan pembelian rumah tanpa adanya unsur riba maka jensi ini patut untuk Anda jadiakn pilihan. Semoga bermanfaat.