Tips Membeli Hunian Islami

Mencari lingkungan homogen di kota besar tidaklah mudah. Nah, salah satu solusi yang dapat anda pakai adalah dengan cara membeli hunian islami. Apa itu hunian islami dan bagaimana cara memilih hunian yang tepat?

Dewasa ini, hunian islami semakin banyak diminati oleh masyarakat. Embel-embel agama dan syariah nampaknya masih menjadi faktor utama akan minat pasar terhadap produk yang satu ini. Kemudahan dalam mejalankan ibadah, lingkungan yang mendukung dan harga yang cocok juga tak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan.

Bahkan saat ini, hampir seluruh kota di Indonesia menyediakan hunian islami. Anda hanya perlu menyesuaiakan budget serta menerapkan beberapa trik dan tips yang akan dibahas pada poin selanjutnya agar lebih mudah saat bertransaksi hunian dan property syariah.

Sebenarnya, tak ada perbedaan yang signifikan antara hunian biasa dan islami. Hanya saja, hunian islami biasanya di atur sedemikian rupa agar penghuninya lebih mudah dalam menjalankan ibadah dan juga mengedepankan prinsip-prinsip syariah.

Sama halnya dengan bisnis property lain, nampaknya para developer mampu menangkap peluang ini dengan baik. Buktinya, jumlah hunian islami kian hari kian meningkat yang menandakan bahwa permintaan pasar juga meningkat.  Nah, agar tak salah pilih, ada baiknya anda mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan untuk mendapatkan hunian syariah terbaik dan anti rugi. Apa saja? Mari kita simak poin-poin dibawah ini.

Tips Memilih Hunian Islami

Sebagai seorang muslim yang baik, anda tentu perlu memperhatikan unsur syariah secara keseluruhan dari transaksi jual beli hunian islami. Selain itu, beberapa faktor lain juga wajib anda pertimbangkan.

  1. Pastikan proses pembelian halal

Tips pertama yang wajib anda perhatikan saat membeli hunian islami adalah proses penjualan tersebut. Pastikan proses pembelian hunian syariah tersebut bebas dari riba, tanpa BI checking, dan tanpa sita. Jika anda menemukan ciri-ciri tersebut pada pembelian hunian syariah, maka dapat dipastikan proses tersebut halal.

  1. Pilih hunian yang dekat masjid

Agar semakin mudah dalam beribadah, sebaiknya pilihlah rumah yang dekat dengan masjid. Dengan begitu, anda dan anggota keluarga yang lain akan lebih mudah saat melakukan sholat berjamaah, mengikuti kegiatan masjid serta relative lebih aman karena masjid biasanya dilewati banyak orang.

  1. Pilih lingkungan yang baik

Meskipun bernuansa islami, pastikan lingkungan anda juga mendukung. Pilihlah tetangga yang baik dan juga lingkungan yang ramah anak. Dengan begitu, anda akan semakin betah dan nyaman tinggal di lokasi tersebut. Jangan lupa untuk memilih rumah yang indah dan menyenangkan untuk menambah kenyamanan anda dan keluarga.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda terapkan saat membeli hunian islami. Pastikan developer anda telah menerapkan prinsip-prinsip syariah seperti yang kami jelaskan diatas. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.